Kualitas Air Gunung

Kualitas Air Gunung - Telah kita ketahui bersama bahwa air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan kita di bumi. Tak hanya itu, air juga sangat penting bagi makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan.

Dalam kegiatan sehari-hari air ini kita gunakan untuk keperluan konsumsi atau minum, memasak makanan, membersihkan badan / mandi, mencuci dan juga banyak lainnya. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas keperluan air untuk konsumsi atau diminum yang akan langsung masuk ke tubuh kita.


Apabila untuk keperluan seperti mandi, mencuci bahkan untuk MCK kita bisa menggunakan air yang kurang berkualitas asalkan bersih, maka berbeda halnya dengan keperluan konsumsi. Untuk keperluan yang satu ini maka mutlak bagi kita untuk memilih air dengan kualitas yang baik.



Baca Juga : Kualitas Air Jika Dilihat Secara Fisik

Karena hal ini berhubungan erat dengan kesehatan kita secara langsung. Oleh karena itu masalah kualitas ini harus benar-benar kita perhatikan karena air akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Bahkan sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Menurut penelitian sumber air terbaik adalah yang berasal dari pegunungan. Air pegunungan ini punya kelebihan dibanding air-air dari sumber lainnya, apa sajakah itu? mari kita bahas.

Manfaat dan kelebihan mata air pegunungan

1. Aman dari bakteri
Air pegunungan ini pastilah akan mengalir dari tempat atau daerah yang tinggi ke yang rendah dimana ini sesuai sifat dasar air. Dengan sifat dasarnya yang mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah ini akan membuat bakteri sulit atau bahkan tidak dapat berkembang, hal ini karena bakteri sendiri hanya dapat berkembang biak pada air yang tenang. Oleh karena itu air dari pegunungan ini merupakan air yang memiliki kualitas terbaik dan merupakan air yang aman dari bakteri.

2. Mengandung oksigen yang cukup
Seperti penjelasan di atas bahwa air pegunungan merupakan air yang berada di daerah yang tinggi, karena berada di dataran tinggi maka air pegunungan ini akan mengandung kadar oksigen terlarut yang lebih banyak dibanding dengan yang ada di daerah yang rendah.

Selain itu yang membuat air pegunungan ini mempunyai kadar oksigen yang tinggi adalah dari alaminya daerah pegunungan dan belum tercemarnya sumber air, oleh karena itu mata air pegunungan merupakan air yang sangat menyehatkan tubuh.

3. Mendapat Sinar Matahari Langsung
Ya, mendapat sinar matahari langsung merupakan kelebihan lain dari air pegunungan ini yang tidak dimiliki air dari sumber-sumber lain. Karena terkena sinar matahari secara langsung maka air pegunungan ini akan mengandung ultraviolet yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berbeda dengan air tanah yang tidak mendapatkan sinar matahari.

4. Terhindar dari bahan kimia
Telah kita ketahui bersama bahwa air pegunungan ini merupakan air yang terbebas dari pencemaran baik itu limbah industri maupun rumahan. Hal ini menjadikan air pegunungan ini menjadi air yang terbebas dari pencemaran zat-zat kimia.

Air yang telah tercemar bahan kimia hasil limbah industri ini apabila masuk atau terkonsumsi ke dalam tubuh kita tentu akan sangat berbahaya. Air-air yang bersumber dari sungai atau tanah dan sudah mengalami proses pengolahan dengan bahan kimia seperti soda as, gas flour, PAC, costic, dan juga kaporit maka air tersebut sudah menurun dari segi kualitasnya. Maka apabila Anda ingin meminum air yang memiliki kualitas terbaik maka Anda harus meminum air yang memang bersumber dari pegunungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kualitas Air Jika Dilihat Secara Fisik Dapat Diketahui Dari

Kualitas Air Kolam Renang